Jatim Dapat Kuota Terbanyak Program Siswa ADEM Papua se-Indonesia

Sabtu, 13 Juli 2024 – 18:18 WIB
Jatim Dapat Kuota Terbanyak Program Siswa ADEM Papua se-Indonesia - JPNN.com Jatim
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (kanan) dan Kadindik Jatim Aries Agung Paewai saat menyambut siswa ADEM di Malang. Foto: Humas Dindik Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim mendapatkan kuota terbanyak, yaitu 145 dari total 500 siswa yang tersebar di seluruh Indonesia dalam program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) untuk siswa Papua.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan Jatim mendapatkan kuota banyak karena dari hasil evaluasi dalam layanan pendidikan setara untuk semua siswa.

“Calon siswa baik yang ada di Jatim maupun luar Jatim, selama menempuh pendidikan SMA/SMK di sini kami berikan hak yang sama,” ujar Adhy seusai membuka penyambutan siswa ADEM di Malang, Jumat (12/7).

Pemprov Jatim menyiapkan bonus kepada siswa ADEM yang berprestasi secara akademik berupa tambahan biaya operasional selama belajar sebesar Rp2,5 juta.

“Saya yakin kemampuan mereka sama. Hanya saja, negara kita luas. Papua dengan begitu banyak sumberjo daya alam, tetapi keterbatasan pengajar dan akses berbeda, tetapi di lain sisi banyak tokoh Papua berhasil di jajaran pemerintahan maupun kancah internasional,” ucapnya.

Pemberian bonus itu juga menjadi pelecut para siswa untuk termotivasi dalam belajar dan mempercepat akses pendidikan

"Mereka diberikan sekolah yang berprestasi dan favorit. Saya harapkan mereka terus berkembang dan bisa berkesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai menambahkan banyaknya kuota yang didapat tak lepas dari predikat Jawa Timur sebagai kiblat barometer pendidikan.

Jatim mendapatkan kuota terbanyak sebanyak 145 siswa dari Papua dalam program ADEM.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News