Sakit Jantung, Calon Haji Asal Pacitan Meninggal di Tanah Suci

Selasa, 21 Mei 2024 – 21:31 WIB
Sakit Jantung, Calon Haji Asal Pacitan Meninggal di Tanah Suci - JPNN.com Jatim
Jamaah calon haji mempersiapkan keberangkatan menuju ke Tanah Suci di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 12 Mei 2024. ANTARA/Hanif Nashrullah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melaporkan adanya jemaah haji asal Pacitan yang meninggal dunia di Tanah Suci Makkah.

Sekretaris PPIH Surabaya Abdul Haris mengatakan calon haji yang meninggal dunia teridentifikasi bernama Imam Turmudi (71) yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya pada 15 Mei 2024 dalam kloter 15.

"Beliau wafat di Tanah Suci karena sakit jantung dan telah dimakamkan di Madinah," kata Haris menyampaikan berita duka di Surabaya, Selasa (21/5).

Menurutnya, sejak keberangkatan jemaah calon haji dari Embarkasi Surabaya sejak 12 Mei 2024 sampai hari ini tercatat satu orang meninggal dunia di Tanah Suci.

Dia memastikan jemaah calon haji yang wafat di Tanah Suci mendapatkan hak dibadalhajikan tanpa dipungut biaya dan mendapat asuransi jiwa.

“Ada tiga kelompok jemaah yang bisa mendapatkan pelayanan dibadalhajikan oleh penyelenggara ibadah haji. Pertama, jemaah yang wafat di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara, saat perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi. Atau di Arab Saudi, sebelum wukuf di Arafah,” jelasnya.

Kedua, adalah jamaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan.

"Ketiga, jamaah yang mengalami gangguan jiwa,” ujarnya.

Calon jemaah haji asal Pacitan Imam Turmudi meninggal dunia di Tanah Suci Makkah karena sakit jantung.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News