Kedatangan Kloter Pamungkas di Asrama Haji Debarkasi Surabaya Diwarnai Tangis Haru

Senin, 22 Juli 2024 – 21:00 WIB
Kedatangan Kloter Pamungkas di Asrama Haji Debarkasi Surabaya Diwarnai Tangis Haru - JPNN.com Jatim
Tangis haru mewarnai kedatangan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (106) di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Senin (22/7). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tangis haru mewarnai kedatangan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 106 tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Senin (22/7).

Setibanya di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, jemaah haji kloter 106 berjumlah 333 dari Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Pamekasan dan Surabaya itu digiring menuju gedung Muzdalifah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Negeri Kementerian Agama Subhan Cholid mengatakan dengan kedatangan kloter terakhir atau pamungkas ini berakhir sudah rangkaian ibadah haji 2024.

Menurutnya, selama proses pelaksanaan haji mulai 11 Mei hingga 22 Juli dapat berjalan dengan baik. Khususnya, di Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

“Selama operasional, baik di tanah air maupun tanah suci secara umum tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Meski ada beberapa titik yang perlu diperbaiki untuk masa mendatang,” kata Subhan ditemui di Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

Dia menyebut, ibadah Haji tahun 2024 yang diikuti 241 ribu jemaah ini jumlahnya termasuk cukup besar dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tantangan juga luar biasa. Mulai menyiapkan penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi di Arab Saudi,terutama proses di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” jelasnya.

Walakin, berbagai tantangan telah berhasil dilewati dengan kerjasama yang terjalin antar-stakeholder.

Kedatangan kloter 106 atau kloter terkahir di Asrama Haji Debarkasi Surabaya diwarnai tangis haru.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News