Pemkab Sumenep Gelar 104 Event Tahun Ini, Targetkan Kunjungan 2 Juta Wisatawan

Sabtu, 18 Mei 2024 – 21:30 WIB
Pemkab Sumenep Gelar 104 Event Tahun Ini, Targetkan Kunjungan 2 Juta Wisatawan - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo. Foto: Dok. Pribadi Fauzi.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Sumenep terus meningkat setelah pandemi Covid-19. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi dunia pariwisata di ujung timur Pulau Madura itu.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Hal tersebut tampak dari peningkatan di tiap tahun ke tahun.

Dia membeberkan pada 2021, saat pandemi Covid-19 jumlah wisatawan memang sempat minim. Tercatat hanya sekitar 250 orang yang berkunjung karena adanya pembatasan sosial dan pengurangan kerumunan massa.

Namun pada 2022, jumlah wisatawan mulai meningkat. Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep melakukan berbagai upaya pembenahan. Hasilnya, wisatawan yang berkunjung mencapai 1.052.000 orang.

Upaya Disbudporapar tidak berhenti di situ. Pada 2023 mereka menggelar lebih banyak event wisata, yaitu sebanyak 68 event. Hasilnya sangat luar biasa, di mana pengunjung wisata naik drastis hingga 40 persen, mencapai 1.500.000 orang.

Melihat tren positif itu, Disbudporapar Sumenep memasang target ambisius untuk tahun 2024. Mereka menargetkan dua juta wisatawan dengan menyelenggarakan 104 event wisata.

Bagi Anda yang suka traveling, ini saatnya berkunjung ke Sumenep. Terdapat banyak wisata menarik yang bisa di-explore, mulai pantai yang indah, budaya unik, hingga kuliner lezat.

Fauzi mengatakan meningkatnya kunjungan wisata itu mendongkrak sektor ekonomi yang ada wilayahnya. Pasalnya, kedatangan wisatawan itu membuat sektor UMKM terus tumbuh dan berkembang pesat.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menargetkan kunjungan dua juta wisatawan dalam 104 event yang digelar selama satu tahun.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News