Banjir Melanda Surabaya Seusai Hujan Deras Disebabkan Pengerjaan Box Culvert

Jumat, 05 April 2024 – 20:02 WIB
Banjir Melanda Surabaya Seusai Hujan Deras Disebabkan Pengerjaan Box Culvert - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau kawasan terdampak banjir di Dukuh Kupang Barat. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kota Surabaya kembali dilanda banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (4/4) sekitar pukul 22.30 WIB.

Sejumlah wilayah dilaporkan banjir, seperti Jalan Dukuh Kupang, Jalan Simo Hilir, Jalan Raya Ahmad Yani, dan Jalan Petemon. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari semata kaki, selutut, hingga sepundak orang dewasa.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebutkan banjir yang terjadi di sejumlah wilayah tersebut imbas dari adanya pengerjaan saluran box culvert.

Eri menjelaskan mekanisme pengerjaan box culvert ialah menutup sementara saluran. Jadi, jika terjadi hujan deras air, yang seharusnya melintasi selokan justru keluar ke jalan-jalan.

Menurutnya, proyek pengerjaan box culvert di Kota Surabaya dimulai sejak tiga minggu lalu. Saat itu, cuaca di Kota Surabaya cukup cerah dan tidak terjadi hujan.

“Perkirakan dengan warga pada waktu itu tidak hujan sehingga pada waktu tiga minggu kemarin mulai melakukan pekerjaan proyek,” kata Eri ditemui seusai melakukan sidak pengerjaan box culvert saluran di kawasan Jalan Dukuh Kupang Gang Barat, Jumat (5/4).

Dia mengungkapkan perubahan cuaca yang signifikan membuat rencana awal harus diubah.

“Jadi, di luar prediksi kami. Saya mohon maaf kemarin proyek belum selesai hujan datang,” ujarnya.

Sebagian kawasan Surabaya banjir sepundak orang dewasa. Wali Kota Eri beberkan penyebabnya sebagai berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News