Untag Surabaya Punya Prodi Baru Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jumat, 05 April 2024 – 14:09 WIB
Untag Surabaya Punya Prodi Baru Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - JPNN.com Jatim
Untag Surabaya memiliki prodi baru Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Foto: Humas Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Untag Surabaya berupaya mengembangkan keilmuan dengan membuka Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.

Prodi tersebut siap menampung dan mencetak lulusan yang makin melek digitalisasi dan perkembangan teknologi pada tahun akademik 2024/2025.

Kepala Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Bagus Hardiansyah S.Kom mengatakan prodi baru tersebut berfokus pada penerapan artificial intelligence (AI) secara umum hingga spesifik.

“Seperti domain kesehatan serta mendorong perkembangan teknologi menjadi yang terdepan dalam keunggulan kesehatan,” ujar Bagus tertulis, Jumat (5/4).

Menurutnya, banyak terapan ilmu yang dapat diperoleh mahasiswa ketika bergabung di prodi tersebut. Integrasi robotika dan kecerdasan buatan menghasilkan sistem otonom yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang. 

“Jadi pada penerapannya, para mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar sains seperti matematika dan fisika, ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot,” jelasnya. 

Meskipun masih baru, prodi itu sudah punya akreditasi baik oleh BAN-PT sehingga mahasiswa yang akan menempuh studi selama empat tahun tidak perlu khawatir akan prospek lulusan nantinya. 

“Kami sudah mendapatkan akreditasi baik, kami yakin melalui durasi studi selama delapan semester para mahasiswa memiliki banyak kesempatan karier, seperti menjadi tenaga ahli robotika, tenaga ahli kecerdasan buatan, ahli otomasi industri, dan konsultan,” katanya.

Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Untag Surabaya membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News