Awal Puasa 2024, Masjid Al Akbar Surabaya Layani 5 Orang Ikrar Mualaf

Sabtu, 16 Maret 2024 – 21:30 WIB
Awal Puasa 2024, Masjid Al Akbar Surabaya Layani 5 Orang Ikrar Mualaf - JPNN.com Jatim
Salah satu peserta ikuti prosesi pembacaan dua kalimat syahadat di Masjid Agung Al Akbar Surabaya pada awal Ramadan 2024. Foto: Humas Masjid Al Akbar Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lima orang mengikuti prosesi pembacaan dua kalimat syahadat di Masjid Al Akbar Surabaya pada awal Ramadan 2024.

Humas Masjid Al Akbar Helmy M Noor mengatakan dari jumlah tersebut satu di antaranya adalah Warga Negara Asing (WNA) Australia.

“Ada tahapan verifikasi yang ketat dilakukan oleh tim kepada calon mualaf untuk memastikan kemantapan hati mereka,” ujar Helmy, Sabtu (16/3).

Dia menjelaskan verifikasi ditunjukkan melalui KTP atau paspor. Meskipun sudah melewati tahapan tersebut, bukan berarti langsung mengucapkan dua kalimat syahadat.

“Kami akan membantu para mualaf untuk lebih memahami ajaran Islam, melalui kelas perseorangan yang bisa dilaksanakan daring maupun luring. Materi soal rukun Islam, rukun iman, tata cara salat, wudu, puasa, dan zakat," jelasnya.

Helmy membandingkan di luar bulan puasa bisa mencapai lima sampai sepuluh orang ikrar, sedangkan saat Ramadan tahun lalu mencapai 100 orang.

“Antusiasnya luar biasa, padahal bulan puasa baru hari keempat,” ucapnya.

Salah Satu Mualaf Ida Suliyati mengaku memeluk agama Islam lantaran majikannya meminta untuk beribadah di gereja terlebih dahulu, sebelum melaksanakan pekerjaan.

Awal puasa, lima orang ikrarkan menjadi seorang mualaf di Masjid Al Akbar Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News