Cuaca Ekstrem, Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup

Kamis, 14 Maret 2024 – 16:38 WIB
Cuaca Ekstrem, Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Pendaki menikmati matahari terbit di puncak Gunung Arjuno, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (24/4/2016). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pd/16.

jatim.jpnn.com, MALANG - Akses pendakian Gunung Arjuno-Welirang di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo di wilayah Jawa Timur ditutup sementara demi mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang membahayakan wisatawan.

"Seluruh objek wisata alam dan pendakian di Tahura Raden Soerjo, ditutup sampai dengan 18 Maret 2024," kata Kepala Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, Kamis (14/3).

Dia menjelaskan penutupan seluruh destinasi di kawasan Tahura Raden Soerjo tersebut tertuang dalam Surat Edaran dengan Nomor 500.4.6.10/ 294 /123.7.2/2024 yang ditandatangani pada 13 Maret 2024.

Menurutnya, penutupan itu dilakukan dengan mempertimbangkan informasi yang disampaikan oleh Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo yang menyebutkan bahwa ada potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Selain itu, juga disampaikan bahwa cuaca ekstrem tersebut bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti hujan intensitas tinggi, banjir, tanah longsor, dan angin kencang/

"Bencana itu juga berpotensi terjadi di wilayah Tahura Raden Soerjo. Oleh karena itu, objek wisata alam dan pendakian ditutup," ujarnya.

Wisata alam dan pendakian di kawasan Tahura Raden Soerjo dan ditutup akibat adanya potensi cuaca buruk antara lain adalah Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Pundak, Puncak Watu Jengger, Pemandian Air Panas Cangar, Loka Wiyata Surya. dan Wisata Panorama Petung Sewu.

Berdasarkan pantauan citra satelit beberapa wilayah di Jawa Timur, masyarakat diminta mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya peristiwa bencana pada periode 12-18 Maret 2024.

Selain pendakian Gunung Arjuno-Welirang, sejumlah destinasi wisata lainnya di kawasan Tahura Raden Soerjo di Jawa Timur ditutup sementara.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News