Karhutla di Gunung Arjuno Wilayah Batu Hampir Capai Ribuan Hektare

Kamis, 14 September 2023 – 10:05 WIB
Karhutla di Gunung Arjuno Wilayah Batu Hampir Capai Ribuan Hektare - JPNN.com Jatim
Kobaran api terlihat di lereng Gunung Arjuno akibat kebakaran hutan dan lahan yang diduga disebabkan adanya aktivitas pemburu liar di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Polres Malang.

jatim.jpnn.com, BATU - BPBD Kota Batu mencatat luas areal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Arjuno di wilayah setempat mencapai 916,33 hektare.

Kalaksa BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan karhutla tersebut juga mengakibatkan matinya flora dan fauna di dalam kawasan Gunung Arjuno.

"Luas area yang terbakar di Gunung Arjuno dan masuk di wilayah Kota Batu kurang lebih seluas 916,33 hektare," kata Agung.

Pihaknya bersama sejumlah pemangku kepentingan terkait sudah mengirimkan sukarelawan untuk menangani karhutla di Gunung Arjuno sejak 1 September 2023.

Tim gabungan yang diberangkatkan dari jalur pendakian Brakseng, Kecamatan Bumiaji untuk melakukan pemadaman api telah memadamkan kurang lebih 27 titik di wilayah Kota Batu.

"Upaya pemadaman darat sudah dilakukan kurang lebih pada 27 titik koordinat atau titik api Gunung Arjuno Wilayah Kota Batu," ujarnya.

Pada 13 September 2023 tidak ditemukan adanya titik api di Gunung Arjuno yang masuk pada Wilayah Kota Batu berdasarkan pantauan visual atau aplikasi Sipongi. Namun, BPBD Kota Batu tetap melakukan monitoring dan evaluasi kondisi terkini.

"Kami terus melakukan pemantauan, monitoring, dan evaluasi situasi terkini perkembangan kebakaran hutan Gunung Arjuno," jelasnya.

BPBD Kota batu mencatat kabakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno di wilayah setempat mencapai 916,33 hektare.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News