Ranu Regulo Tutup Total Mulao 5 Februari, Wisatawan Dilarang Berkemah

Sabtu, 03 Februari 2024 – 10:35 WIB
Ranu Regulo Tutup Total Mulao 5 Februari, Wisatawan Dilarang Berkemah - JPNN.com Jatim
Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata Ranu Regulo di Lumajang, Jawa Timur, Rabu (10/1). ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.

jatim.jpnn.com, MALANG - Kawasan Ranu Regulo di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ditutup mulai Senin (5/1) mendatang.

Penutupan tersebut dilakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dengan alasan pertimbangan faktor cuaca.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan penutupan kawasan camping ground Ranu Regulo ditutup mulai Senin pekan depan hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

"Kegiatan kunjungan dan berkemah di Ranu Regulo ditutup secara total mulai 5 Februari 2024 sampai dengan pemberitahuan berikutnya," ujar Septi, Jumat (2/2).

Septi menjelaskan penutupan aktivitas wisata di Ranu Regulo tertuang dalam surat bernomor PG.1/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/B/02/2024 karena memperhatikan kondisi cuaca.

Ranu Regulo yang berada di kaki Gunung Semeru kerap diguyur hujan intensitas tinggi disertai angin kencang. Hal itu berpotensi menyebabkan terjadinya pohon tumbang yang bisa mengancam keselamatan pengunjung.

"Aktivitas wisata ditutup total memperhatikan kondisi cuaca yang bisa menyebabkan pohon tumbang dan mengancam keselamatan pengunjung," katanya.

Selain faktor cuaca, Septi menyebut penutupan Ranu Regulo sebagai upaya pemulihan ekosistem di kawasan tersebut. Penutupan diperlukan untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis fauna dan satwa.

Wisatawan dilarang berkunjung dan berkemah di Ranu Regulo karena ditutup total mulai 5 Februari mendatang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News