Marak Isu Sapi Impor Masuk Lumajang, Pj Bupati Beri Penjelasan

Selasa, 23 Januari 2024 – 16:24 WIB
Marak Isu Sapi Impor Masuk Lumajang, Pj Bupati Beri Penjelasan - JPNN.com Jatim
Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni menemui perwakilan Asosiasi Pedagang Sapi Lumajang dalam pertemuan di Gedung PKK kabupaten setempat pada Senin (22/1/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pj Bupati Lumajang Indah Amperawati mengomentari terkait dengan isu beredarnya sapi eks impor di kabupaten setempat.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Lumajang dan Provinsi Jawa Timur. Kami tidak pernah mengeluarkan persetujuan sapi impor," katanya, Selasa (23/1).

Dia mengatakan pemda tidak pernah mengeluarkan izin untuk sapi impor masuk ke Lumajang.

"Yang masuk ke Lumajang ialah eks sapi impor dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan itu tidak diperkenankan karena ilegal," tuturnya.

Untuk menyikapi masalah itu, Indah mengambil langkah-langkah tegas dengan meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang untuk melakukan pemantauan dan membuat surat edaran yang melarang masuknya sapi eks impor.

"Surat edaran tersebut juga akan memuat larangan pemotongan hewan di luar Rumah Potong Hewan (RPH) resmi di Kabupaten Lumajang," ucapnya.

Dia menjelaskan Provinsi Jawa Timur memiliki populasi sapi potong terbesar di Indonesia dengan 27 persen dari total populasi nasional. Oleh karena itu, tidak mungkin ada kebijakan impor sapi untuk wilayah Jawa Timur.

Ketua Asosiasi Pedagang Sapi Kabupaten Lumajang Supandi mengatakan bahwa penurunan pendapatan para pedagang sapi dalam tiga bulan terakhir akibat maraknya sapi eks impor di daerah setempat.

Pj Bupati Lumajang Indah Amperawati mengomentari keluhan asosiasi pedagang mengenai maraknya sapi impor yang masuk ke kabupaten itu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News