Menaker Ida: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMA SMK dan Sarjana

Jumat, 22 Desember 2023 – 19:24 WIB
Menaker Ida: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMA SMK dan Sarjana - JPNN.com Jatim
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah (tengah) menyebut tingkat pengangguran terbuka di Indonesia didominasi lulusan SMA/SMK dan Sarjana. Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah membeberkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia. Berdasarkan data BPS, tingkat TPT didominasi oleh lulusan SMA SMK, Diploma, dan Sarjana.

Adapun rinciannya lulusan SMA SMK sebesar 17,46 persen, Sarjana dan Diploma 10,07 perse, SMP 4,78 persen, serta SD 2,5 persen.

Menurutnya, penyebab dari banyaknya pengangguran dari lulusan tersebut akibat tidak adanya link and match dari pendidikan dan pelatihan vokasi yang tidak menjawab kebutuhan pasar kerja.

"Ini tantangan bagi pendidikan vokasi karena SMK termasuk tinggi sumbangannya terhadap pengangguran kita," kata Ida dalam acara Menaker Talk di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Jumat (22/12).

Dia mengungkapkan sebanyak 56 persen penduduk yang bekerja adalah lulusan SD dan SMP, sedangkan pengangguran didominasi lulusan SMA sederajat dan perguruan tinggi.

Masyarakat yang lulus SD SMP banyak yang bekerja lantaran mereka mau melakukan pekerjaan lapangan sesuai dengan kompetensinya, bahkan tidak diperlukan kompetensi karena merasa pendidikannya rendah.

“Itulah kenapa lulusan SD SMP banyak yang bekerja karena mereka menerima segala macam pekerjaan,” ujarnya.

Berbeda dengan lulusan SMA/SMK dan Diploma yang merasa berpendidikan tinggi, justru cenderung memilih-milih pekerjaan. Walakin, mereka tidak punya kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Tingkat pengangguran terbuka di Indonesia justru didominasi lulusan SMA/SMK dan Sarjana.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News