Presiden Jokowi Resmikan 3 TPA Sampah Percontohan di Jawa Timur

Kamis, 14 Desember 2023 – 14:46 WIB
Presiden Jokowi Resmikan 3 TPA Sampah Percontohan di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam agenda peresmian tiga fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di TPA Supit Urang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Andi Firdaus).

jatim.jpnn.com, MALANG - Presiden Jokowi meresmikan tiga fasilitas tempat pembuangan sampah (TPA) di Jawa Timur sebagai percontohan bagi penanggulangan sampah perkotaan maupun daerah lain, Kamis (14/12).

Tiga TPA sampah tersebut ialah TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Jombang.

"Sekarang sudah ada banyak model TPA yang beroperasi dengan baik. Ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota atau daerah lain yang mengalami persoalan sampah," kata Jokowi di Kota Malang.

Presiden Jokowi TPA mengatakan sampah harus ditata dengan baik. Setiap daerah mesti memiliki fasilitas dan teknologi pengolahan serta manajemen yang baik untuk merespons volume sampah yang terus bertambah.

"Saya tahu pengelolaan sampah itu tidaklah mudah, mengatur satu tempat saja sulit, apalagi jika satu kota, satu kabupaten, dan satu provinsi, atau dalam satu negara," ujar Presiden Jokowi.

Kehadiran tiga TPA sampah modern yang dibangun menggunakan anggaran pemerintah itu diharapkan Presiden Jokowi dapat membantu pengelolaan sampah di masing-masing wilayah.

Presiden Jokowi mengatakan TPA Supit Urang Kota Malang dibangun dengan anggaran Rp237 miliar, menempati luas landfill 5,2 hektare, berkapasitas 726 ribu meter kubik. TPA itu dilengkapi dengan fasilitas pengolahan sampah modern dengan daya tampung sampah mencapai 450 ton per hari.

TPA Jabon Sidoarjo dibangun dengan anggaran Rp384 miliar pada bidang lahan seluas 29 hektare dengan kapasitas 1,65 ribu meter kubik dan daya tampung sampah mencapai 450 ton per hari.

Presiden Jokowi menilai pengelolaan sampah harus memiliki fasilitas dan teknologi pengolahan serta manajemen yang baik.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News