RSUD Soewandhie Temukan Pasien Berobat Pakai BPJS Orang Lain

Rabu, 29 November 2023 – 12:07 WIB
RSUD Soewandhie Temukan Pasien Berobat Pakai BPJS Orang Lain - JPNN.com Jatim
Direktur Utama RSUD dr. Soewandhie, dr Billy Daniel Messakh. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewandhie mengubah skema pendaftaran pasien BPJS Kesehatan, yakni dengan menggunakan fingerprint.

Perubahan sistem pendaftaran ini lantaran adanya temuan penyalahgunaan kartu BPJS Kesehatan.

Direktur Utama RSUD dr Soewandhie dr Billy Daniel Messakh mengatakan dari hasil temuan di lapangan, ada beberapa pasien yang menggunakan kartu BPJS pasien lain untuk berobat.

“Hasil evaluasinya BPJS ada sekian persen, saya tidak tahu pastinya berapa. Ada yang menggunakan kartu BPJS yang bukan miliknya untuk berobat. Nah, dengan fingerprint ini akan teratasi. Fingerprint ini, berfungsi untuk mendeteksi identitas diri pasien,” kata dr Billy, Selasa (28/11).

Dengan adanya sistem baru ini, jika ada temuan pasien menggunakan kartu BPJS orang lain untuk berobat maka tidak akan bisa dilayani.

“Pendaftaran fingerprint regulasi dari BPJS untuk kami. Selain itu, untuk mengidentifikasi pasien BPJS atau tidak,” ujarnya.

Dia menambahkan RSUD dr Soewandhie juga memiliki sistem yang sama seperti BPJS Kesehatan.

Apabila ada pasien rujukan dari puskesmas maka data diri pasien tersebut secara otomatis terdaftar, terintegrasi melalui sistem data pasien di RSUD dr Soewandhie.

RSUD Dr Soewandhie terapkan sistem fingerprint untuk pendaftaran pasien BPJS kesehatan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News