Lumajang Serasikan APBD dengan Kebijakan Fiskal Nasional

Minggu, 12 November 2023 – 08:46 WIB
Lumajang Serasikan APBD dengan Kebijakan Fiskal Nasional - JPNN.com Jatim
Pemkab Lumajang menyeleraskan APBD 2024 dengan kebijakan fiskal nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pemkab Lumajang menyamakan APBD 2024 dengan kebijakan fiskal nasional supaya stabilitas ekonomi daerah setempat dapat terjaga.

Hal itu disebutkan oleh Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/11).

Dia menjelaskan melalui penyelarasan kebijakan fiskal pusat dan daerah, diharapkan pemda bersama dengan pemerintah pusat dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional.

"Hal itu juga dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," tuturnya.

Dia menjelaskan penguatan transformasi ekonomi yang inklusif untuk percepatan pembangunan berkelanjutan ditempuh melalui optimalisasi tiga (tiga) fungsi utama APBD, yaitu alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

"Harapan saya, dengan waktu yang terbatas itu, Tim Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD), Badan Anggaran, dan seluruh fraksi, serta komisi DPRD dan seluruh OPD selaku mitra kerja dapat menyelesaikan pembahasan RAPBD 2024 tepat waktu," ujarnya.

Dia mengungkapkan terdapat delapan prioritas pembangunan di Lumajang, yakni pengurangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem; peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan; penguatan ekonomi melalui peningkatan sektor pertanian, perindustrian, dan pariwisata.

Kemudian penguatan konektivitas wilayah untuk menjamin pemerataan pembangunan; peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia; peningkatan infrastruktur untuk mendukung pelayanan dasar; peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup; serta peningkatan kondusifitas wilayah serta kualitas pelayanan publik berbasis IT.

Kebijakan penyelarasan APBD Lumajang 2024 dengan fiskal nasional diharapkan menjaga stabilitas ekonomi daerah setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News