Gus-Gus Ganjar Beri Workshop Inovasi & Packaging Olahan Pisang Tuk Warga Lumajang

Rabu, 08 November 2023 – 11:36 WIB
Gus-Gus Ganjar Beri Workshop Inovasi & Packaging Olahan Pisang Tuk Warga Lumajang - JPNN.com Jatim
Gus-Gus Ganjar saat memberikan workshop inovasi dan packaging olahan pisang kepada warga Lumajang. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gus-Gus Nusantara (GGN) Dukung Ganjar menggelar workshop inovasi dan packaging olahan pisang kepada warga Desa/Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/11).

Koordinator GGN Jatim Muhammad Alwi Hasan mengatakan pelatihan itu bertujuan memberdayakan sumber daya alam (SDA) yang ada untuk menciptakan peluang usaha berbasis UMKM.

"Ini merupakan gagasan atau program utama dari Bapak Ganjar terkait perekonomian desa. Ke depannya nanti insyaallah arus perekonomian dimulai dari desa mengandalkan UMKM," ujar Alwi.

Dia juga berharap perekonomian dari desa bisa menciptakan lapangan pekerjaan agar masyarakat berusaha berinovasi untuk daerahnya masing-masing.

"Jadi, tidak perlu merantau, bisa memanfaatkan apa yang ada di desa tersebut," tuturnya.

Buah pisang diolah menjadi suatu produk inovasi baru agar memiliki nilai jual makin tinggi di pasaran. Salah satunya, menjadi keripik pisang.

Camilan sehat satu ini tentunya harus dikemas sebagus mungkin untuk menambah daya tarik para konsumen.

"Kalau olahan pisang ini hanya dikemas plastik biasa tidak mengikuti tren di pasaran daya jualnya juga melemah, kalau mengemas olahan pisang ini baik bisa masuk ke mal-mal. Insyaallah pisang dari Randuagung bisa diekspor ke luar," katanya.

Warga Lumajang mendapatkan workshop inovasi dan packaging olahan pisang untuk memberdayakan sumber daya alam setempat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News