Gunung Semeru Kembali Erupsi, BPBD Lumajang: Masih Aman

Rabu, 08 November 2023 – 21:00 WIB
Gunung Semeru Kembali Erupsi, BPBD Lumajang: Masih Aman - JPNN.com Jatim
Aktivitas Gunung Semeru pada Rabu (8/11/2023) pukul 06.00 - 12.00 WIB ketika terjadi erupsi dan awan panas guguran yang terpantau dari PPGA Semeru di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang. (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Erupsi dan awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang terjadi pada Rabu (8/11) siang tadi dinyatakan tidak berdampak serius pada masyarakat sekitar lereng.

Hal itu dinyatakan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Yudi Cahyono saat dikonfirmasi per telepon.

Pada pukul 10.53 WIB tadi, vulcan di perbatasan Lumajang dan Kabupaten Malang tersebut kembali erupsi dengan tinggi letusan sekitar 700 meter disertai luncuran APG sejauh satu kilometer.

"Jarak luncur awan panas guguran sejauh satu kilometer ke arah Besuk Kobokan dan hal tersebut masih aman karena jauh dari permukiman," kata Yudi.

Klaim itu berdasarkan radius aman yang telah ditetapkan ialah sejauh lima kilometer.

"Sejauh ini, tidak ada laporan terjadi hujan abu vulkanik di beberapa wilayah lereng Gunung Semeru," tuturnya.

Dia mengatakan BPBD tetap memonitor sejumlah posko pos pantau yang memasang CCTV untuk mengamati aktivitas Gunung Semeru. (antara/faz/jpnn)

Pada siang tadi, Gunung Semeru kembali erupsi dan meluncurkan awan panas guguran sejauh satu kilometer.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News