Pentingnya Moderasi Beragama untuk Role Model Kehidupan Masyarakat

Rabu, 25 Oktober 2023 – 11:06 WIB
Pentingnya Moderasi Beragama untuk Role Model Kehidupan Masyarakat - JPNN.com Jatim
Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Suyitno. Foto: Humas Balai Agama Semarang.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar diskusi publik dan ekspos inovasi moderasi beragama bertajuk Membangun Harmoni Melalui Kampung Moderasi dan Rumah Ibadah Moderasi.

Kegiatan itu diselenggarakan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (23/10) yang merupakan gagasan dari Balai Litbang Agama (BLA) Semarang.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI Suyitno dalam paparannya menjelaskan pentingnya inovasi moderasi beragama.

Inovasi tersebut nantinya akan dijadikan role model dalam Sekretariat Bersama Penguatan Moderasi Beragama (PMB) di seluruh kementerian/lembaga.

Dia mengatakan program inovasi moderasi memiliki tujuan agar praktik baik dari masyarakat dan lembaga pendidikan bisa menjadi role model.

“Konsep moderasi beragama bisa menjadi salah satu solusi, memberikan pandangan kepada kita semua agar terus memastikan hidup yang damai meskipun kita semua berbeda latar belakang, suku bangsa, agama, dan heterogenitas lainnya," kata Suyitno.

Dia menjelaskan PMB bukan semata tugas dan fungsi dari Kemenag, melainkan kewajiban bersama semua di kementerian dan lembaga.

"Ini baru awal, nanti seterusnya kami akan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi umum, di bidang riset, pengabdian masyarakat, insersi kurikulum untuk mendorong adanya inovasi moderasi beragama," ujarnya.

Kemenag RI ajak semua lembaga untuk menciptakan inovasi moderasi beragama, memastikan hidup berjalan dengan damai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News