Kemenag Jatim Pastikan Tidak Ada Keterlibatan Pondok dalam Kematian Santri Gontor

Rabu, 07 September 2022 – 12:45 WIB
Kemenag Jatim Pastikan Tidak Ada Keterlibatan Pondok dalam Kematian Santri Gontor - JPNN.com Jatim
Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kemenag Jatim Mohammad As'adul Anam. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kasus kematian santri berinisial AM di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo dipastikan tidak ada keterlibatan pihak ponpes.

Hal itu diutarakan oleh Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kemenag Jatim Mohammad As'adul Anam saat konferensi pers. Selasa (6/9).

“Kejadian ini murni peristiwa antarsantri, bukan lembaga pesantren,” kata Anam.

Maka dari itu, pihaknya memastikan bahwa pihak pondok pesantren terbuka atas insiden tersebut.

“Artinya, mempersilakan pihak berwenang untuk menyelidiki. Apakah kejadian itu tindak kekerasan? Masih dilakukan penyelidikan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Kanwil Kemenag Jatim mendukung penuh pihak berwenang untuk menyelidiki karena itu salah satu cara mengungkap kebenaran peristiwa yang terjadi.

Langkah selanjutnya yang diambil ialah memperbaiki manajemen tata kelola pola asuh Ponpes dan kemusrifan (pembimbingan) yang diterapkan saat ini.

“Kira-kira letak ruang rongga santri hingga bertindak seperti itu di titik mana sehingga nanti pihak pesantren bisa melakukan evaluasi terkait dengan pola pengasuhan dan kemusrifan itu sendiri,” ujarnya.

Kanwil Kemenag Jatim memastikan tidak ada keterlibatan pihak ponpes terkait tewasnya santri Gontor. Berikut selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News