10 Pernyataan Sikap Resmi Unair Menjelang Pencoblosan Pemilu 2024

Rabu, 07 Februari 2024 – 23:20 WIB
10 Pernyataan Sikap Resmi Unair Menjelang Pencoblosan Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Rektor Unair saat membacakan 10 pernyataan sikap Unair terkait demokrasi di Indonesia. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya resmi mengeluarkan 10 pernyataan untuk demokrasi bermartabat dan pemilu berkualitas.

Pernyataan-pernyataan it dibacakan langsung oleh Rektor Unair Prof Mohammad Nasih untuk mencermati perkembangan situasi akhir-akhir ini yang sangat dinamis.

Pihaknya menghimbau, mengajak, dan menyerukan agar semua pihak untuk secara bersama-sama mewujudkan demokrasi yang bermartabat di Indonesia. Namun, tidak terbatas pada, penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas, jujur, adil, bebas, rahasia, aman dan damai.

Berikut 10 pernyataan resmi Unair :

1. Semua pihak, khususnya para Aktor Politik untuk mengedepankan adab, moralitas, etika, tata krama, dan sopan santun dalam berpolitik serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara.

2. Para Elit, khususnya Elit Politik, baik di pusat maupun di daerah untuk menjadi suri tauladan yang baik bagi terwujudnya demokrasi yang bermartabat serta benar-benar lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta rakyat semesta daripada kepentingan pribadi, suku, golongan, maupun partai.

3.Semua Pihak untuk mematuhi dan mentaati semua peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang berkaitan dengan pemilihan umum baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Semua Pihak untuk berhenti menggunakan Politik Uang (money politics) dalam segala bentuk dan rupa, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pemberi maupun sebagai penerima.

Berikut pernyataan sikap Unair terkait demokrasi di Indonesia yang dibacakan langsung oleh rektor.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News