Gunung Lawu Kebakaran Lagi, BPBD Jatim Kembali Kirim Personel Padamkan Karhutla

Senin, 23 Oktober 2023 – 10:35 WIB
Gunung Lawu Kebakaran Lagi, BPBD Jatim Kembali Kirim Personel Padamkan Karhutla - JPNN.com Jatim
Kalaksa BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto bersama jajaran saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan pembuatan tandon air untuk upaya pemadaman di wilayah Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Minggu (22/10). ANTARA/HO-BPBD Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - BPBD Jatim mengirimkan personel membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Lawu yang sebelumnya telah reda.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan karhutla kembali terjadi di Gunung Lawu sejak sepekan terakhir. Kali ini membakar di sisi Magetan, tepatnya di Petak 73B, RPH Sarangan, wilayah Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo dan Petak 51B-1, RPH Bedagung yang masuk wilayah Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan.

"Untuk luasan yang terdampak kebakaran Gunung Lawu saat ini masih dalam proses pendataan," ujar Gatot tertulis, Minggu (22/10).

BPBD Jatim menerjunkan 24 personel pasukan pemadaman jalur darat untuk bergabung membantu pemadaman karhutla di Gunung Lawu. Selain itu, 22 personel dengan dua unit mobil pemadam dari Surabaya turut bergabung dan berkolaborasi menangani kebakaran hutan kali ini.

Tak hanya pasukan jalur darat, Tim BPBD Jatim juga membawa sejumlah bantuan logistik dan peralatan untuk mendukung aksi pemadaman yang dilakukan tim gabungan dari berbagai elemen ini.

Adapun jenis bantuan tersebut, berupa, alat pelindung diri (APD) 5 set, sekop 6 pcs, cangkul 7 pcs, parang 3 pcs, Jet shooter 2 Unit, kacamata 'goggles' 10 pcs, masker 120 pcs, sepatu 'boots' 18 pasang, dan kaus lapangan 200 pcs.

Selain itu, juga lauk pauk rendang ayam 3 dus, lauk pauk kari ayam 3 dus, nasi rendang 3 dus, tambah gizi biskuit 5 dus, tambah gizi kacang Ijo 2 dus, dan tambah gizi koktail 2 dus.

"Dalam tiga hari ini, tim gabungan jalur darat terus berfokus pada pembuatan ilaran atau sekat bakar guna mencegah perluasan kobaran api," kata dia.

Sejak sepekan terakhir kawasan Gunung Lawu mengalami kebakaran hutan. Kali ini melanda sisi wilayah Magetan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News