Savana Gunung Bromo Kembali Menghijau

Minggu, 15 Oktober 2023 – 23:03 WIB
Savana Gunung Bromo Kembali Menghijau - JPNN.com Jatim
Kawasan savana Bromo mulai ditumbuhi vegetasi pascakebakaran, yang dilihat dari wilayah Jemplang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Balai Besar TNBTS.

jatim.jpnn.com, MALANG - Padang rumput (savana) di kawasan Gunung Bromo mulai kembali menghijau. Vegetasi mulai bertumbuhan pascakebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa waktu lalu.

"Sebagian besar sudah ditumbuhi dengan vegetasi rumput dan pakis yang dominan," kata Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS Hendra, Minggu (15/10).

Meskipun demikian, masih ada beberapa titik yang memiliki vegetasi campuran terlihat hitam bekas sisa karhutla.

"Pada lokasi tertentu yang memiliki vegetasi campuran seperti pohon cemara dan akasia, masih terlihat sisa kayu hitam bekas kebakaran, seperti di Blok Bantengan," ujarnya.

Menurutnya, langkah penanaman pohon di kawasan itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Balai Besar TNBTS masih menyiapkan sejumlah kelengkapan seperti bibit pohon yang menjadi vegetasi endemik di kawasan itu.

Hendra mengutarakan pascadibukanya kembali kawasan Bromo seusai kebakaran hutan dan lahan sejak 19 September 2023, kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat.

"Sudah mulai banyak. Kurang lebih 80-90 persen dari total kuota (2.700 pengunjung) yang ditetapkan per hari," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

Savana Gunung Bromo mulai pulih. Vegetasi rumput dan pakis bertumbuhan setelah karhutla beberapa waktu lalu.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News