Cak Fauzi Satukan Masyarakat Madura Lewat Festival Musik Tong-Tong

Minggu, 15 Oktober 2023 – 16:10 WIB
Cak Fauzi Satukan Masyarakat Madura Lewat Festival Musik Tong-Tong - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat meramaikan Festival Musik Tong-Tong, Sabtu (14/10). Foto: Dok. Pekan Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Usaha Bupati Sumenep Achmad Fauzi melestarikan budaya Madura melalui Festival Musik Tong-Tong berhasil menyedot animo ratusan ribu masyarakat. 

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (14/10) malam itu menampilkan 40 grup musik tong-tong se-Madura. 

Pengunjung yang hadir bak lautan penonton karena tak hanya dari Sumenep saja yang hadir, tetapi dari kota-kota lain, bahkan dari Jawa Timur. 

Festival yang dibuat dalam rangkaian HUT ke-754 Kabupaten Sumenep itu, kata Fauzi, juga ditonton oleh turis mancanegara. 

Menurut Cak Fauzi, pagelaran musik tong-tong menjadi ikhtiar melestarikan budaya Madura. 

“Alhamdulillah Festival Musik Tong-Tong diminati masyarakat bukan hanya dari Madura saja. Budaya Madura harus terus dilestarikan. Antusiasme ini menandakan masyarakat Madura bersatu,” kata Cak Fauzi.

Menurutnya, pegiat musik kontemporer Madura yang mengikuti kegiatan itu tak hanya dari Sumenep. Seluruh wilayah di Pulau Garam ikut meramaikan. 

“Kita bisa melihat, para pegiat kesenian musik tong-tong yang ikut meramaikan kegiatan ini mayoritasnya anak-anak muda. Ini tanda bahwa regenerasi harus terus dijalankan, agar budaya Madura terus terjaga,” ujarnya. 

Festival Musik Tong-Tong berhasil menyedot animo ratusan masyarakat yang hadir, dari masyarakat setempat hingga turis mancanegara.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News