Pertumbuhan Ekonomi Sumenep Meningkat Berkat Sektor Pariwisata & UMKM

Rabu, 31 Juli 2024 – 15:35 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Sumenep Meningkat Berkat Sektor Pariwisata & UMKM - JPNN.com Jatim
Wisata Kolam Aloksa Reborn di Kalianget Sumenep dengan tiket masuk hanya Rp10 ribu. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumenep cukup membanggakan di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Sumenep itu melesat cukup signifikan dari 2,16 persen pada tahun 2021 menjadi 3,11 persen pada 2022.

Pada tahun 2023, angka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumenep mencapai 5,35 persen. Angka itu lebih tinggi dari nasional.

“Capaian pertumbuhan ekonomi Sumenep dalam beberapa tahun terakhir memang yang tertinggi se-Madura Raya,” ujar Fauzi tertulis, Rabu (31/7).

Kemudian dalam sektor Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kabupaten Sumenep juga meningkat cukup signifikan dari 67,74 pada 2021 menjadi 68,49 pada 2022, dan 69,13 persen pada 2023.

Fauzi menyebut dengan kebijakan yang tepat sasaran ke depan, angka IPM di Sumenep diharapkan akan terus meningkat.

“IPM Kabupaten Sumenep dalam tiga tahun terakhir terus meningkat sebesar 0,64 persen sehingga kinerja pemerintah setempat sudah optimal,” tuturnya.

Prestasi lain yang dicapai Bupati Fauzi berhasil menekan angka pengangguran terbuka menjadi 1,71 persen. Persentase itu merupakan yang terendah di Madura.

Perekonomian di Sumenep melesat melampau Jatim dan nasional ditopang sektor pariwisata dan UMKM.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News