Lestarikan Budaya, Pemkab Sumenep Gelar Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong

Jumat, 04 Agustus 2023 – 19:29 WIB
Lestarikan Budaya, Pemkab Sumenep Gelar Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong - JPNN.com Jatim
Festival musik tong-tong. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemkab Sumenep menggelar Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong menggandeng Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI).

Ketua FKPPI Sumenep Edi Susanto mengatakan kegiatan itu bakal berlangsung pada 4-5 Agustus 2023, yang diikuti sebanyak 18 grup.

Acara tersebut berlangsung di Lapangan Kesenian (LKS), tepatnya di jalan gotong royong atau depan kantor dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep.

“Nantinya peserta wajib mempersiapkan lagu ciptaan sendiri bernuansa wisata, seni budaya, dan kuliner Sumenep,” ujar Edi, Jumat (4/8).

Kegiatan yang memperebutkan Piala Bupati 2023 itu diharapkan bisa meningkatkan kebanggaan warga Madura terhadap budaya lokal atau Local Pride Madura. 

“Puncak acara akan digelar 19 Agustus saat Event Madura Culture Festival di Stadion A Yani Sumenep,” katanya.

Madura memang kaya dengan beragam budaya, tradisi, dan kearifan lokal, termasuk musik. Kekayaan budaya itu harus tetap dilestarikan dan dijaga agar bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya.

“Salah satu musik lokal yang terkenal di kalangan masyarakat Madura adalah musik tong tong,” ucapnya.

Pemkab Sumenep menggelar Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong sebagai bentuk komitmen melestarikan budaya dan kearifan lokal.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News