Dewan Kesenian Kediri Somasi Komunitas Artefak Nusantara Buntut Penggalian Liar

Rabu, 27 September 2023 – 11:06 WIB
Dewan Kesenian Kediri Somasi Komunitas Artefak Nusantara Buntut Penggalian Liar - JPNN.com Jatim
Warga meninjau lokasi penggalian liar lokasi benda purbakala di wilayah Kecamatan Kepung, Jawa Timur. (ANTARA/HO-DK4).

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) mensomasi Komunitas Artefak Nusantara yang beralamat karena melakukan penggalian liar tanpa izin di lokasi benda purbakala di wilayah Kecamatan Kepung.

Ketua DK4 Kediri Imam Mubarok mengatakan pihaknya keberatan dengan langkah yang dilakukan komunitas beralamat di di Kelurahan/Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan tersebut.

"Motifnya apa itu perlu ditelusuri karena sudah melangkahi kewenangan pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan DK4," kata Imam, Selasa (26/9).

Di Disparbud Kabupaten Kediri memiliki tim teknis cagar budaya. DK4, sebagai pihak yang secara resmi ditunjuk pemerintah memberikan rekomendasi dalam hal kesenian dan kebudayaan juga tidak mendapatkan tembusan yang jelas.

Dia mendapatkan informasi itu dari media sosial. Adapun kronologi penemuan versi Artefak Nusantara itu dimuat di media sosial Facebook Dwa Mega Angga selaku penanggung jawab komunitas itu pada Minggu (24/9).

Komunitas Artefak Nusantara melakukan acara resik punden dan penanaman bibit pohon pete di sekitar punden Mbah Umpak yang terletak di Desa Kepung Timur, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut.

Di sela-sela menggali tanah untuk menanam pohon pete, Junaedi dan Joko, anggota Artefak Nusantara tidak sengaja menemukan struktur bata kuno yang tertutup tanah sedalam 40 centimeter. Kemudian di jarak lima meter, Sugeng dan Ari menemukan struktur bata serupa dan masih terlihat rapi. Diperkirakan struktur meluas di lokasi perkebunan tersebut.

Untuk memastikan itu adalah struktur yang diduga candi, mereka melakukan penggalian sedalam satu meter dengan temuan lapangan benda purbakala/cagar budaya di lokasi Punden Mbah Umpak oleh Komunitas Artefak Nusantara yakni dua yoni dalam keadaan pecah (insitu bukan galian), ukuran bata utuh pada struktur yang ditemukan adalah dimensi panjang 32 centimeter, lebar 20 centimeter dan tinggi dua centimeter.

Buntut duggan penggalian liar, Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri somasi Komunitas Artefak Nusantara.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News