Polisi Buru Pemburu Liar Pemicu Kabakaran Gunung Arjuno, Siap-Siap Saja

Rabu, 30 Agustus 2023 – 16:57 WIB
Polisi Buru Pemburu Liar Pemicu Kabakaran Gunung Arjuno, Siap-Siap Saja - JPNN.com Jatim
Kobaran api terlihat di lereng Gunung Arjuno akibat kebakaran hutan dan lahan yang diduga disebabkan adanya aktivitas pemburu liar di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Polres Malang.

jatim.jpnn.com, MALANG - Polres Malang mengejar pemburu liar yang memicu kebakaran hutan dan lahan di wilayah lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait aktivitas pemburu liar yang memicu kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Saat ini sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait aktivitas pemburu yang diduga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan tersebut," kata Taufik, Rabu (30/8).

Taufik menjelaskan polisi saat ini sedang mengidentifikasi pelaku yang dengan sengaja membakar semak-semak di lereng Gunung Arjuno untuk memudahkan aktivitas perburuan satwa.

Pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengumpilkan bukti dan informasi terkait penyelidikan itu. Saat ini informasi awal mengenai aktivitas perburuan liat yang menjadi penyebab kebakaran sudah dikantongi.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan bukti dan informasi yang diperlukan dalam penyelidikan ini. Tindakan seperti ini yang harus dihindari agar kita dapat menjaga kelestarian alam," ujarnya.

Akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan lereng Gunung Arjuno tersebut, mengancam keberlangsungan ekosistem dan keanekaragaman hayati yang ada. Peristiwa itu, menjadi perhatian serius bagi pihak berwenang.

Saat ini, personel Polres Malang diterjunkan untuk membantu proses pemadaman api yang berada di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Pemburu liar yang diduga menjadi pemicu kebakaran lereng Gunung Arjuno di tujuh titik sedang dalam pengejaran Polres Malang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News