Polisi Beber Penyebab Kebakaran di Gunung Arjuno, Ternyata

Selasa, 29 Agustus 2023 – 10:05 WIB
Polisi Beber Penyebab Kebakaran di Gunung Arjuno, Ternyata - JPNN.com Jatim
Personel Polres Malang berusaha memadamkan api yang membakar salah satu area di kawasan Gunung Arjuno, di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (27/8). (ANTARA/HO-Humas Polres Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - Polres Malang menyatakan kebakaran yang melanda kawasan Gunung Arjuno, di wilayah Singosari, Kabupaten Malang terindikasi akibat adanya aktivitas perburuan liar.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan berdasarkan keterangan yang diterima pihak kepolisian, api diduga berasal dari titik aktivitas para pemburu pada Jumat (25/8) malam.

"Diduga, titik api berasal dari para pemburu yang pada Jumat malam melakukan aktivitas perburuan liar di wilayah Curah Sriti," kata Taufik.

Aktivitas perburuan liar itu menyebabkan kebakaran hutan dan lahan tepatnya berada di petak 116 B, Resort Pemangku Hutan (RPH) Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari.

Menurut dia, aktivitas perburuan liar yang sengaja membakar hutan tersebut, kemudian menjadi tidak terkendali dan merambat ke sejumlah area. Personel Polres Malang dari Polsek Singosari diterjunkan membantu proses pemadaman.

"Kami menurunkan personel untuk melakukan tindakan pemadaman, agar api tidak menjalar lebih luas," ujarnya.

Dia menambahkan proses pemadaman api dilakukan secara manual menggunakan alat seadanya atau dengan memukul-mukul kobaran api. Selain itu, juga membuat parit untuk memutus pergerakan api.

"Pemadaman api saat ini dilakukan secara manual, medan cukup sulit sehingga menyebabkan pemadaman api kurang maksimal. Selain itu, sudah dilakukan antisipasi dengan membuat parit selebar dua meter," katanya.

Kebakaran di kawasan Gunung Arjuno wilayah Singosari Malang terindikasi akibat aktivitas perburuan liar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News