Pendakian Gunung Arjuno Ditutup

Senin, 28 Agustus 2023 – 14:01 WIB
Pendakian Gunung Arjuno Ditutup - JPNN.com Jatim
Kondisi kawasan Gunung Arjuno yang masuk di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, usai tim gabungan melakukan pemadaman. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - Pendakian Gunung Arjuno ditutup buntut bencana kebakaran hutan dan lahan di kawasan pegunungan tersebut.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Ajat Sudrajat mengatakan pendakian ditutup sejak Sabtu (26/8).

"Pendakian mulai ditutup pada Sabtu. Kebakaran terjadi Sabtu dini hari. Titik awal api muncul di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, tepatnya di Curah Sriti," katanya.

Ajat menjelaskan untuk menangani kebakaran tersebut, pihaknya telah mengirimkan 65 personel gabungan dari Tahura Raden Soerjo dan kelompok masyarakat peduli api dan berbagai unsur terkait.

Menurutnya, pada Minggu (27/8), ada tujuh titik api yang berusaha dipadamkan oleh tim gabungan tersebut.

Dari tutuh titik api tersebut, saat ini sudah berkurang dan menyisakan dua titik yang masih dalam upaya pemadaman.

Dia menjelaskan salah satu kendala yang dihadapi ialah lokasi kebakaran hutan dan lahan berada pada wilayah yang curam, berada di area tebing.

"Cukup membahayakan ketika tidak hati-hati. Awal titik api berada di wilayah Singosari, di Curah Sriti. Kebakaran merembet sampai wilayah Pasuruan," ujarnya. (antara/faz/jpnn)

Penutupan pendakian Gunung Arjuno menyusul kebakaran hutan yang terjadi sejak 26 Agustus lalu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News