Bocah 11 Tahun Raih 7 Medali dalam Ajang Adu Bakat di AS, Bikin Bangga Indonesia

Senin, 14 Agustus 2023 – 13:08 WIB
Bocah 11 Tahun Raih 7 Medali dalam Ajang Adu Bakat di AS, Bikin Bangga Indonesia - JPNN.com Jatim
Ilona Davina Krishnaputri mewakili Indonesia di ajang adu bakat WCOPA 2023 dan menyabet tujuh penghargaan. Foto: Dok. Pribadi Ilona.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ilona Davina Krishnaputri membawa harum nama Indonesia di ajang adu bakat internasional World Championships of Performing Arts (WCOPA) 2023.

Kompetisi internasional itu kerap disebut sebagai Olimpiade Bakat yang diadakan di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Tengah, kawasan Eropa dan Asia selama 25 tahun.

Gadis berusia sebelas tahun itu, bersama tiga delegasi Indonesia lainnya berhasil menyabet 16 medali dalam WCOPA 2023 di Anaheim California, Amerika Serikat.

Dalam lomba yang diikuti lebih dari 70 negara berlisensi dan 400 peserta tersebut, Ilona memenangkan tujuh medali dan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang mendapatkan gelar overall junior berusia 5-15 tahun.

Ilona menang setelah memainkan Sasando yang merupakan alat musik tradisional Indonesia berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Juri cukup terpukau saat melihat saya memainkan Sasando. Menurut saya alat musik ini unik karena memainkan melodi dengan dipetik menggunakan tangan kiri pada posisi senar yang memutar," ujar Ilona tertulis, Senin (14/8).adu

Dengan memainkan alat musik sasando di ajang perlombaan internasional sekelas WCOPA, Ilona berharap alat musik tradisional asli Indonesia itu dikenal luas oleh masyarakat dunia dan menginspirasi generasi muda untuk melestarikannya.

"Saya berharap melalui musik yang saya mainkan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah musik Internasional," kata Ilona.

Ilona Davina mengharumkan nama Indonesia dengan meraih tujuh medali dalam aang adu bakat WCOPA 2023 di AS.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News