Tekan Pengangguran, Pemkab Sumenep MoU dengan Unej di Sektor Pertanian & Kesehatan

Selasa, 20 Juni 2023 – 16:01 WIB
Tekan Pengangguran, Pemkab Sumenep MoU dengan Unej di Sektor Pertanian & Kesehatan - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (kiri) bersama Rektor Unej Iwan Taruna saat menjalin kerja sama di sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melakukan MoU dengan Universitas Jember (Unej) untuk menekan angka kemiskinan dan menaikkan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Pulau Madura tersebut.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan kerja sama itu dilakukan dalam sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan.

Dia menginginkan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka di Sumenep berkurang agar kesejahteraan masyarakat makin meningkat.

"Selama ini angka pengangguran terbuka di Sumenep kan terendah di Jatim itu yang harus dipertahankan,” kata Fauzi, Senin (19/6).

Menurut dia, ketimpangan sosial harus ditekan dan SDM warga Sumenep dibangun agar lebih baik.

“Angka Gini Rasio Sumenep juga terendah di Jatim, itu akan terus kami pertahankan,” tuturnya.

Dia menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep pada 2022 menyisakan 18,76 persen. Jumlah tersebut jauh menurun dibandingkan 2021 di angka 20,51 persen.

Kemudian tingkat pengangguran pada 2022 tinggal 1,36 persen, berkurang dari 2021 sebesar 2,31 persen. Meningkatnya sektor pariwisata juga memperkecil angka ketimpangan sosial karena menyerap tenaga kerja di pedesaan.

Pemkab Sumenep dan Unej menjalin kerja sama di sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan untuk tekan pengangguran demi peningkatan SDM unggul.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News