Warga Tumplek Blek Saksikan Parade Musik Tong-Tong di Sumenep

Minggu, 11 Juni 2023 – 11:31 WIB
Warga Tumplek Blek Saksikan Parade Musik Tong-Tong di Sumenep - JPNN.com Jatim
Ribuan warga saat menyaksikan parade musik tong-tong di Sumenepl. Foto: Dok. Mukit untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Ribuan warga Sumenep tampak antusias menyaksikan Parade Musik Tong-Tong yang berlangsung pada Sabtu (10/6) malam.

Mereka berdiri berjejer di depan rumah dinas (Rumdin )Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan sepanjang jalan menikmati alunan musik tradisional kebanggaan warga di ujung timur Pulau Madura tersebut.

Parade musik tersebut dilepas dari Rumdin Bupati Sumenep pada pukul 19.00 WIB. Terdapat enam grup musik tong-tong yang berjalan sembari menyanyikan lagu tradisional.

Keenam grup musik itu adalah Lanceng Kermata, Gong Mania, Putra Sinding Puri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep, dan Purnama Alam.

Warga yang menyaksikan tampak terbawa suasana. Sebagian ikut berjoget, menikmati merdunya alunan musik Tong-Tong.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan parade musik tersebut digelar untuk melestarikan budaya tradisional di wilayahnya. Acara itu masuk dalam Kalender Event Sumenep 2023 yang kegiatannya berlangsung hingga akhir Desember.

“Kami berkomitmen melestarikan budaya tradisional. Musik Tong-tong ini merupakan kebanggan warga dan harus dilestarikan sampai generasi mendatang,” katanya.

Menurut dia, Parade Musik Tong-Tong menjadi wadah untuk mengenalkan dan melestarikan musik tradisional kepada masyarakat Sumenep, khususnya anak-anak yang masih berusia dini.

Ribuan warga tumpel blek menyaksikan Parade Musik Tong-Tong di depan rumah dinas Bupati Achmad Fauzi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia