PKPU Pengelola PLTU Embalut Berakhir Damai, Pemohon Beri Apresiasi

Minggu, 18 Juni 2023 – 00:12 WIB
PKPU Pengelola PLTU Embalut Berakhir Damai, Pemohon Beri Apresiasi - JPNN.com Jatim
Majelis Hakim membacakan putusan status damai perkara PKPU dengan termohon PT Indonesia Energi Dinamika dalam sidang di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya, Jumat (16/6). ANTARA/HO-GBE

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Putusan damai yang ditetapkan Pengadilan Niaga Pengadilan Negeri Surabaya mendapatkan apresiasi dari pemohon perkara penundaan PKPU terhadap PLTU Embalut di Kalimantan Timur PT Indonesia Energi Dinamika.

"Kami bersyukur karena termohon memberikan opsi pembayaran utang yang bisa kami terima dan kreditur lain," kata Direktur PT Graha Benua Etam Muhaimin selaku pemohon dalam perkara itu, Sabtu (17/6).

Perusahaan konstruksi PT Graha Benua Etam mengajukan perkara perdata khusus PKPU di PN Surabaya sejak 22 Desember 2022.

Berawal dari pengerjaan berbagai proyek konstruksi di PLTU Embalut sejak 2019. Namun, PT Indonesia Energi Dinamika selaku pemberi proyek tak pernah melunasi pembayaran jasa konstruksi PT Graha Benua Etam yang seluruhnya sudah dikerjakan.

Adapun total nilainya Rp153 miliar meliputi sebanyak 16 kreditur, salah satunya PT Graha Benua Etam.

Setelah proses sidang selama 172 hari, Ketua Majelis Hakim Taufan Mandala akhirnya membacakan status putusan damai terhadap perkara perdata khusus tersebut di PN Surabaya pada Jumat (16/6).

Putusan yang ditetapkan majelis hakim mengacu pada tahapan PKPU yang digelar sebelumnya pada 13 Juni 2023 di PN Surabaya seusai debitur PT Indonesia Energi Dinamika menyodorkan rencana perdamaian yang berisi restrukturisasi utang dan disepakati semua kreditur.

Artinya para kreditor masih memberi kepercayaan kepada debitor PT Indonesia Energi Dinamika untuk terus menjalankan usahanya kembali yakni pengelolaan listrik di wilayah Kalimantan Timur.

Pemohon perkara perdata khusus PKPU antara PLTU Embalut dan PT Indonesia Energi Dinamika berakhir damai.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News