PTMA Dinilai Layak Menjadi Praktik Terbaik Nasional, Begini Kata Prof Nizam

Kamis, 04 Mei 2023 – 10:40 WIB
PTMA Dinilai Layak Menjadi Praktik Terbaik Nasional, Begini Kata Prof Nizam - JPNN.com Jatim
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek Prof. Nizam saat Rakernas Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Surabaya, Rabu (3/5). Foto: Dok. UMSurabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek Prof Nizam menyebut Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah (PTMA) layak menjadi best practice atau praktik terbaik nasional hingga internasional.

Hal tersebut disampaikan karena menilai PTMA memiliki kepemimpinan yang baik.

"PTMA di Indonesia memiliki leadership yang baik, bahkan menjadi best practice baik di nasional hingga internasional," kata Nizam saat Rakernas Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Surabaya, Rabu (3/5).

Menurutnya, PTMA punya ciri khas dalam mengelola organisasi dan tata kelola yang sehat. Hal tersebut akan berdampak pada kerja sama yang bagus dan tidak saling sikut antarperguruan tinggi.

Nizam membeberkan bahwa Indonesia memiliki 4.523 perguruan tinggi dengan 31.339 program studi, 326.554 dosen, 9.320.410 mahasiswa, dan 1.842.588 lulusan atau sekitar 1.800 lulusan per tahunnya.

"Kondisi pendidikan kita penuh dengan ketidakpastian, penuh dinamika, dan keambiguan sehingga penting melakukan evaluasi pendidikan, kurikulum, mata kuliah, untuk memperbaiki pendidikan yang akan datang." tuturnya.

Ke depan, kata dia, lapangan pekerjaan mengalami ancaman sebagai dampak revolusi industri 4.0. Tenaga manusia bakal makin tersingkirkan oleh robot hingga tahun 2030.

Nah, hal tersebut menjadi tantangan bagi para lulusan yang mencari lapangan pekerjaan.

PTMA dinilai layak menjadi praktik terbaik nasional hingga internasional karena memiliki kepemimpinan yang baik.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News