Mahasiswa Untag Surabaya Temukan Material Pengganti Logam dari Tempurung Kelapa

Rabu, 22 Februari 2023 – 17:00 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Temukan Material Pengganti Logam dari Tempurung Kelapa - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Teknik Untag Surabaya Mochammad Darisunajha (kanan) menunjukkan hasil temuannya berupa material komposit dari tempurung kelapa sebagai pengganti logam. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Teknik Mesin Untag Surabaya menemukan material komposit sebagai pengganti logam. Hal tersebut ditemukan oleh Mochammad Darisunajha.

Dia memanfaatkan limbah tempurung kelapa dan polipropilen yang didapat dari limbah plastik, kemasan botol air mineral, dan sampah plastik bening yang menjadi permasalahan limbah di lingkungan.

“Material yang saya temukan menjadi alternatif ramah lingkungan,” kata Daris, Rabu (22/2).

Tempurung kelapa digunakan sebagai alternatif material komposit pengganti logam karena dinilai masih minim pemanfaatannya. Benda tersebut kemudian diteliti dan ternyata bisa.

Mahasiswa Untag Surabaya Temukan Material Pengganti Logam dari Tempurung Kelapa

Proses pembuatan material komposit dari tempurung kelapa dan campuran plastik temuan mahasiswa Teknik Untag Surabaya. Foto: Arry Saputra/JPNN.

“Limbah tempurung kelapa hanya dimanfaatkan sebagai pengganti kayu bakar, bahan obat nyamuk, dan beragam aksesoris kerajinan. Untuk itu, saya menggali literatur pemanfaatannya sebagai material komposit,” ujarnya.

Daris menelitinya sejak September 2022 dibimbing Dosen Teknik Mesin Dr. I Made Kastiawan, S.T., M.T.

Mahasiswa Teknik Untag Surabaya menemukan material pengganti logam dari tempurung kelapa dengan harga ekonomis dan ringan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News