Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Portal Zonasi Daerah Rawan Kejahatan

Selasa, 21 Februari 2023 – 17:25 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Portal Zonasi Daerah Rawan Kejahatan - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Untag Surabaya M Dhafiq Sholiq melakukan riset untuk menentukan pola tingkat kejahatan Kota Surabaya menggunakan metode K-Means Clustering pada Sistem Visualisasi Geospasial bersama dosen pembimbingnya Supangat, Selasa (21/2). Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Untag Surabaya M Dhafiq Sholiq menciptakan inovasi berupa portal zonasi untuk memudahkan pelaporan kejahatan.

“Saya awalnya melakukan riset untuk menentukan pola tingkat kejahatan di Kota Surabaya,” kata Dhafiq, Selasa (21/2).

Calon wisudawan tersebut menjelaskan penelitian yang dilakukan tumbuh dari rasa simpati dan empatinya terhadap banyaknya kasus kejahatan di Surabaya setiap tahunnya.

“Pemberitaan tentang kriminalitas di Surabaya ramai sehingga butuh penanganan lebih lanjut makanya saya berusaha mengembangkan layanan informasi daerah rawan kejahatan,” tuturnya.

Di dalamnya terdapat fitur yang membuat sistem penggabungan teknologi geospasial menunjukkan visualisasi persebaran kejahatan dalam bentuk peta daerah yang menggambarkan lokasi rawan kejahatan.

Gambaran tersebut berdasarkan jumlah kasus kejadian menggunakan metode algoritma K-Means Clustering.

“Pada fitur ini, warga Surabaya mendapatkan informasi data kejahatan dan mengetahui tingkat kerawanan sehingga bisa mengantisipasi hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Dia mengaku tidak mudah meneliti objek kejahatan, apalagi dirinya bukan warga asli Surabaya. Namun, dengan kegigihan dan kerja kerasnya akhirnya berhasil menyelesaikan tugas akhir dalam sepuluh bulan.

Mahasiswa Untag Surabaya menciptakan inovasi berupa portal zonasi daerah rawan kejahatan di Kota Pahlawan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News