Reaktivasi Jalur Kereta di Madura Dapat Dukungan dari Kalangan DPRD Jatim

Selasa, 14 Februari 2023 – 22:22 WIB
Reaktivasi Jalur Kereta di Madura Dapat Dukungan dari  Kalangan DPRD Jatim - JPNN.com Jatim
Ilustrasi pembangunan rel kereta api. Foto: Dok. JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Abdul Halim mendukung langkah Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendorong pemerintah pusat melakukan reaktivasi jalur kereta api di Madura.

Menurut Halim, reaktivasi kereta sudah ada payung hukumnya, yakni Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila dan TNBTS, dan Selingkar Wilis.

“Reaktivasi jalur kereta itu sudah masuk dalam Perpres 80 tentang percepatan pembangunan di Jatim yang hampir 40 persennya ada di Madura,” kata Halim tertulis, Selasa (14/2).

Dalam Perpres tersebut juga direncanakan pembangunan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan, lalu Pelabuhan Misi (Madura International Seaport City) hingga Indonesia Islamic Science Park.

“Kalau sekarang ini Bupati Sumenep berkirim surat ke Presiden Jokowi dalam rangka mereaktivasi rel, itu sebetulnya selaras dengan Perpres,” ujar Ketua Komisi C DPRD Jatim itu.

Halim mengakui jalur kereta menjadi kebutuhan Madura saat ini. Dia juga sepakat bisa mendongkrak perekonomian di Pulau Garam.

“Saya kira dengan kondisi Madura hari ini, ketika ada transportasi massal yang efektif, efisien, dan tepat waktu, sangat betul-betul menunjang pertumbuhan ekonomi di Madura, pasti,” tuturnya.

Selain kereta, Halim menilai pembangunan tol trans Madura masih sekadar wacana.

Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Abdul Halim mendukung reaktivasi jalur kereta yang diinisiasi oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News