Musim Hujan, 1.879 Anak Surabaya Terkena Diare, Waspada Rek!

Minggu, 12 Februari 2023 – 15:27 WIB
Musim Hujan, 1.879 Anak Surabaya Terkena Diare, Waspada Rek! - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Nanik Sukristina mengungkapkan ada 1.879 kasus diare pada anak-anak yang tercatat pada Januari 2023.

Dia mengatakan penyebab tingginya kasus diare pada anak itu karena memasuki musim penghujan. Maka dari itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.

“Perlu diwaspadai adanya peningkatan kasus diare dan penyakit saluran pencernaan, khususnya pada anak pada musim penghujan,” ujar Nanik.

Dia membeberkan Dinas Kesehatan Kota Surabaya telah melakukan beberapa upaya antisipasi peningkatan kasus diare dan penyakit saluran pencernaan.

Pertama, melakukan sosialisasi dan kewaspadaan dini peningkatan kasus diare dan penyakit saluran pencernaan pada masyarakat, terutama ketika kegiatan posyandu.

“Kedua, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas,” katanya.

Keempat, melakukan pengobatan sesuai dengan pedoman tatalaksana yang berlaku. seperti layanan rehidrasi oral aktif atau LROA pada pasien diare, pemberian oralit, Zinc, dan lainnya.

“Mengingat penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan personal hygiene, maka dilakukan penguatan kembali tentang pentingnya PHBS di masyarakat,” tuturnya.

Dinkes Surabaya turut meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait dengan maraknya kasus penyakit diare pada anak
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News