Bertahap, Korban Terdampak Erupsi Semeru Tempati Rumah Relokasi

Kamis, 26 Januari 2023 – 21:22 WIB
Bertahap, Korban Terdampak Erupsi Semeru Tempati Rumah Relokasi - JPNN.com Jatim
Para korban erupsi Gunung Semeru menerima kunci bantuan rumah. Foto: Source Pemkab Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Sebagian korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang akhirnya bisa menempati rumah relokasi bantuan dari pemerintah, baik hunian tetap (huntap) maupun hunian sementara (huntara).

Pemberian kunci tersebut dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan validasi data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang.

Lanjutan dari pemberian bantuan tersebut dilakukan pada Rabu (25/1) secara simbolis oleh Kalaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi dengan total penerima 226 kepala keluarga (KK).

Kegiatan pemberian itu merupakan gelombang yang ke-10 dengan total penerima sebanyak 1.658 KK.

Pemberian kunci rumah relokasi itu juga diverifikasi supaya tidak ada manipulasi data. Penerima pun tidak boleh dobel atau menjual kembali rumah yang telah diberikan.

"Data penerima kunci diverifikasi berdasarkan kesesuaian dengan data adminduk Dispendukcapil Kabupaten Lumajang," katanya.

Dia menyatakan bahwa validasi bukan hanya dengan data adminduk, melainkan juga data hasil lapangan sehingga mengedepankan keakuratan.

"Apabila sudah sesuai, yang berhak menerima huntap dan huntara akan diberikan kuncinya," tuturnya.

Pemberian kunci rumah relokasi bantuan pemerintah secara kepada warga terdampak erupsi Semeru bertahap dilakukan hingga kemarin.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News