Gunung Semeru Erupsi Lagi, BPBD Lumajang: Hampir Setiap Hari

Selasa, 17 Januari 2023 – 14:11 WIB
Gunung Semeru Erupsi Lagi, BPBD Lumajang: Hampir Setiap Hari - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru kembali erupsi pada Selasa (17/1) ini. (FOTO ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru kembali erupsi disertai suara letusan (gemuruh) dan guguran pada Selasa beberapa kali pada Selasa (17/1) pagi.

Berdasarkan laman https://magma.esdm.go.id, erupsi Gunung Semeru terjadi beberapa kali, yakni pukul 05.09 WIB, 05.36 WIB, dan jam 06.17 WIB.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, Ghufron Ali dalam laporannya menyebutkan erupsi yang pertama terjadi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 700 meter di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 148 detik," katanya.

Adapun erupsi kedua pada pukul 05.36 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat.

Pada pukul 06.17 WIB, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 600 meter di atas puncak dan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi 100 detik.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan pihaknya selalu memantau aktivitas Gunung Semeru dari laporan petugas PPGA Semeru di Gunung Sawur.

Menurutnya, pada periode pengamatan Selasa pukul 06.00-12.00 WIB, letusan Gunung Semeru teramati lima kali dengan tinggi asap sekitar 500 - 600 meter.

Gunung Semeru kembali erupsi berkali-kali pada hari ini. Berikut laporan selengkapnya dari PPPA Semeru dan BPBD Lumajang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News