Rombongan Jeep Rubicon Terobos Lautan Pasir Bromo Catut Nama Khofifah, Begini Faktanya

Rabu, 23 November 2022 – 18:22 WIB
Rombongan Jeep Rubicon Terobos Lautan Pasir Bromo Catut Nama Khofifah, Begini Faktanya - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar dari sebuah video yang viral di media sosial saat perwakilan rombongan "Jeep Rubicon" berargumentasi dengan petugas mengaku diundang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara Fashion Show di kawasan Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan. ANTARA/Hanif Nashrullah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemprov Jatim memastikan rombongan yang mengendarai mobil Jeep Rubicon hanya mencatut nama Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk menerobos kawasan lautan pasir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kejadian itu sempat viral di media sosial memperlihatkan seorang perwakilan rombongan Jeep Rubicon dengan nada keras mengaku diundang Gubernur Khofifah untuk menghadiri Bromo Fashion Show pada 20 November 2022.

Orang tersebut marah-marah karena tetep tak diizinkan masuk sejumlah penjaga di kawasan Pakis Bincil, Kecamatan Tosari, Pasuruan itu.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemprov Jatim Ali Kuncoro mengatakan tidak ada agenda Gubernur Khofifah di kawasan TNBTS pada tanggal tersebut.

Dai membenarkan jika ada acara fashion show di Bromo, tetapi dilaksanakan pada 3 Desember mendatang.

"Terkait video yang viral, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim tidak ada acara tanggal 20 lalu, apalagi sampai memaksa menerobos masuk," ujarnya.

Menurut Ali, Gubernur Khofifah tak pernah membenarkan perilaku yang tak mematuhi aturan.

"Kalaupun memang diundang, arahan dari Ibu Gubernur agar tetap taat peraturan. Kalau tidak boleh pakai mobil pribadi di lautan pasir, ya harus pakai mobil jeep yang telah disediakan. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi, harus menghormati ketetapan selama itu memang benar," tuturnya.

Humas Pemprov Jatim membeberkan fakta mengenai rombongan Jeep Rubicon di Lautan Pasir Bromo yang mencatut nama Gubernur Khofifah.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News