Viral Bule Kencing Sembarangan di Gunung Bromo, BB TNBTS: Tidak Etis

Rabu, 14 September 2022 – 17:55 WIB
Viral Bule Kencing Sembarangan di Gunung Bromo, BB TNBTS: Tidak Etis - JPNN.com Jatim
Aksi bule kencing sembarang di Gunung Bromo viral di media sosial. (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Kelakuan nyeleneh seorang turis asing (bule) menjadi viral di media sosial. Dia kedapatan buang air kecil sembarangan di puncak Gunung Bromo.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas BB TNBTS Sarif Hidayat mengatakan bahwa aksi buang air kecil sembarangan tersebut merupakan tindakan yang tidak etis.

"Kami prihatin, kecewa, dan menyayangkan atas perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis, juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati masyarakat Tengger," kata Sarif.

Aksi tersebut terungkap dalam foto yang diunggah akun Instagram hometown.earth. Seorang wisatawan asing tampak buang air kecil sembarangan di atas Gunung Bromo. Unggahan yang menggunakan bahasa Jerman tersebut kemudian dihapus oleh pemilik akun.

Namun, foto wisatawan asing yang buang air kecil sembarangan tersebut kemudian diunggah oleh akun pendakimusiman.

Dalam foto tersebut, bule yang tampak mengenakan kaus lengan panjang berwarna abu-abu dan celana hitam buang air kecil di puncak Gunung Bromo.

Sarif menyampaikan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bukan hanya merupakan kawasan yang memiliki eksotika alam, melainkan juga lokasi yang disucikan atau dihormati oleh masyarakat Suku Tengger.

"Sudah seyogyanya, pengunjung atau siapa pun yang berkunjung harus menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi di Bromo," ujarnya.

BB TNBTS mengharapkan tidak ada lagi kejadian serupa seperti foto bule mengencingi puncak Gunung Bromo.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News