Perbuatan Turis Asing Ini Sangat Tidak Etis, Kencing di Kawah Bromo, Kecaman Bermunculan

Kamis, 15 September 2022 – 10:35 WIB
Perbuatan Turis Asing Ini Sangat Tidak Etis, Kencing di Kawah Bromo, Kecaman Bermunculan - JPNN.com Jatim
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto.

jatim.jpnn.com, BROMO - Terekam video aneh yang dilakukan seorang turis asing di Kawah Gunung Bromo pada Rabu, (14/9).

Dalam rekaman tersebut si bule kencing atau buang air di kawah dan akhirnya viral di media sosial. Perbuatan turis asing itu banyak menuai kecaman.

Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif sangat prihatin dengan kegiatan yang dilakukan bule tersebut, terutama terkait video yang sudah menyebar di media sosial.

Bule tersebut dinilai tidak punya etika melakukan buang hajat di Kawah Gunung Bromo yang hampir setiap tahunnya dijadikan acara adat Suku Tengger.

"Selain tidak etis karena kencing di sembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger," tuturnya.

Menurut dia, siapa pun yang datang untuk berwisata di Gunung Bromo tidak sepatutnya berkunjung sampai ke wilayah itu, bahkan kencing. Hal itu sangat mencederai masyarakat adat.

"Lokasi tersebut disucikan dan dihormati masyarakat Tengger sehingga seyogyanya pengunjung atau siapa pun yang bertamu ke lokasi itu menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi di Bromo," ujarnya.

Menurutnya, ke depan pihak TNBTS bakal melakukan edukasi di sosial media resmi terkait etika yang wajib diketahui pengunjung. Tujuannya supaya hal serupa tidak terulang kembali. (mcr26/jpnn)

Seorang turis asing buang air atau kencing di Kawah Gunung Bromo, begini tanggapan pihak TNBTS.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News