Pengamat Ekonomi Beber Dampak Positif dari Pertemuan Biden & Xi Jinping dalam G20

Senin, 14 November 2022 – 22:02 WIB
Pengamat Ekonomi Beber Dampak Positif dari Pertemuan Biden & Xi Jinping dalam G20 - JPNN.com Jatim
Presiden China Xi Jinping dan istri, Peng Liyuan tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali, Senin (14/11). Foto: AJENG DINAR ULFIANA / POOL / AFP

jatim.jpnn.com, JEMBER - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan pemimpin China Xi Jinping saat KTT G20 merupakan momentum tercetusnya perdamaian dunia.

Hal tersebut diklaim oleh pengamat ekonomi Universitas Jember (Unej) Adhitya Wardhono, PhD, Senin (14/11)

"Pertemuan G20 menjadi menarik karena pertemuan para presidensi negara dengan ekonomi terbesar di dunia, terutama pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden," katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut dia, hubungan China dan AS terus memanas dengan munculnya banyak isu, seperti perang dagang, perang Rusia-Ukraina, dan terbaru ketegangan dari konflik di Taiwan.

"Pertemuan kedua kepala negara itu yang menjadi penantian panjang pelaku ekonomi dunia di tengah ekonomi global yang goyah dan meningkatnya ketidakpastian ekonomi," ujarnya.

Dosen FEB Unej itu menilai pertemuan Biden dan Xi Jinping dalam G20 di Bali dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Menurutnya, pertemuan tersebut bisa selain meredam konflik bilateral yang terjadi, juga menjadi angin segar pada ekonomi dunia mengingat keduanya merupakan salah satu poros ekonomi global.

Dia menjelaskan hal tersebut secara langsung juga berdampak pada Indonesia seperti ekspor dan impor.

Dalam beberapa tahun terakhir hingga sebelum digelarnya G20 ini, hubungan China dan AS terus memanas.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News