Laporan Sementara Kerusakan Akibat Gempa Bumi di Jember Dini Hari Tadi

Kamis, 10 November 2022 – 13:45 WIB
Laporan Sementara Kerusakan Akibat Gempa Bumi di Jember Dini Hari Tadi - JPNN.com Jatim
Ilustrasi gempa bumi. Foto: ANTARA/Harianto

jatim.jpnn.com, JEMBER - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5 yang mengguncang Jember, Kamis (10/11), dilaporkan sementara belum mengakibatkan kerusakan.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo.

"Hingga pagi ini, kami terus mencari informasi dari para sukarelawan yang tersebar di 31 kecamatan untuk mengetahui apakah gempa tersebut menyebabkan kerusakan," katanya.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dangkal bermagnitudo 5 mengguncang Jember pada dini hari tadi pukul 00.42 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di 338 km barat daya Jember pada koordinat 11.23 Lintang Selatan hingga 113.36 Bujur Timur. Gempa itu juga dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

"Gempa dangkal itu mengakibatkan guncangan yang belum diketahui dampaknya. Sebagian warga Jember mengaku tidak merasakan adanya gempa karena terjadi saat mereka tidur pulas," tuturnya.

Menurutnya, Jember menjadi salah satu daerah rawan gempa bumi di Jawa Timur, bahkan pernah sebulan diguncang 2-3 kali lindu.

Kendati demikian, kejadian gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami dan tidak menimbulkan kerusakan.

Jember menjadi salah satu daerah rawan gempa bumi di Jawa Timur, bahkan pernah sebulan diguncang 2-3 kali lindu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News