Desi Aristawati, Mahasiswa UMSurabaya Lulus Berkat Teliti VR Untuk Bantu Persalinan Ibu Hamil

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 21:00 WIB
Desi Aristawati, Mahasiswa UMSurabaya Lulus Berkat Teliti VR Untuk Bantu Persalinan Ibu Hamil - JPNN.com Jatim
Desi Aristawat, Mahasiswa UMSurabayai lulus karena meneliti penggunaan VR untuk membantu persalinan ibu hamil. Foto: Humas UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ibu hamil dewasa memiliki problematika makin kompleks, mulai dari proses kehamilan di semester pertama, fase kehamilan pada semester tiga sampai tujuh, hingga pada saat persalinan.

Melihat fenomena itu, Wisudawan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (FK UMSurabaya) Desi Aristawati menggagas penggunaan virtual reality (VR) sebagai edukasi pada ibu hamil.

Desi bersama 1.456 mahasiswa UMSurabaya diwisuda pada pelaksanaan Wisuda ke-48 di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Sabtu (29/10).

Dia memaparkan tentang manfaat VR dalam membantu ibu melahirkan, yaitu mengurangi rasa nyeri dan kecemasan serta membantu latihan ibu hamil.

Selain itu, penggunaan VR juga membantu dalam melihat perkembangan embrio. Menggunakan usia sampel penelitian minimal 18 tahun dengan usia awal kehamilan hingga pertengahan kehamilan.

“Fungsinya sangat membantu bagi ibu yang akan menyiapkan persalinan, tujuan utamanya adalah meminimalisir kecemasan dan nyeri saat melahirkan”, tegasnya.

Desi menambahkan tujuan penggunaan VR pada awal kehamilan bermanfaat untuk melihat perkembangan dan gizi ibu hamil dan bayi.

Tak hanya itu, sang ibu akan dimudahkan melihat perkembangan embrio serta janin dan meningkatkan kualitas hidup ibu dengan pelatihan pada akhir kehamilan hingga persiapan persalinan VR secara efektif.

Mahasiswa UMSurabaya Desi Aristawati lulus karena meneliti penggunaan VR untuk membantu persalinan ibu hamil.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News