Stok Vaksin Meningitis Menipis, Jemaah Umrah di Jatim Terancam Gagal Berangkat

Rabu, 28 September 2022 – 20:45 WIB
Stok Vaksin Meningitis Menipis, Jemaah Umrah di Jatim Terancam Gagal Berangkat - JPNN.com Jatim
Ilustrasi jemaah umrah. Foto: ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/pras/cfo

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pasokan vaksin meningitis mengalami kelangkaan. Hal itu tentu membuat resah biro penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah di Jawa Timur.

Direktur Travel Umrah dan Haji PT An Namiroh Travelindo Cabang Jombang, Nur Kholis mengaku was-was dengan adanya kabar tersebut.

Sebagai informasi, vaksinasi meningitis merupakan salah satu syarat wajib sebelum berangkat ke tanah suci.

“Kami memberangkatkan kurang lebih 2.000 jamaah umrah per bulan skala nasional. Tentunya khawatir ya dengan informasi tersebut,” katanya.

Kelangkaan stok vaksin meningitis membuat ribuan peserta umrah terancam gagal berangkat.

"Kami terus mengimbau kepada calon jemaah supaya tetap tenang. Jangan cemas karena informasi yang saya terima awal Oktober, vaksin meningitis sudah tiba," ujar Nur Kholis.

Dia menjelaskan vaksinasi meningitis harus diikuti para jemaah haji dan umrah untuk meminimalisasi penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri meningitis yang ditularkan melalui droplet, seperti batuk atau bersin.

"Vaksin meningitis penting sekali membantu para jamaah haji maupun umrah beradaptasi mengingat cuaca di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia," tuturnya.

Pemerintah diharapkan untuk memantau betul stok vaksin meningitis dan segera menyalurkan ke masing-masing KKP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News