RSUD Jombang Klaim Ini yang Jadi Penyebab Meninggalnya Bayi yang Persalinannya Viral

Senin, 01 Agustus 2022 – 22:50 WIB
RSUD Jombang Klaim Ini yang Jadi Penyebab Meninggalnya Bayi yang Persalinannya Viral - JPNN.com Jatim
RSUD Jombang viral setelah disebut memaksa ibu melahirkan secara normal hingga menyebabkan kematian bayi. Foto/Ilustrasi: rsudjombang.jombangkab.go.id

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang membeberkan penyebab meninggalnya bayi saat proses persalinan di tempat mereka.

Hal itu sehubungan dengan isu dugaan pemaksaan seorang ibu untuk melahirkan secara normal oleh pihak rumah sakit yang ternyata menyebabkan kematian anaknya yang menjadi viral di Twitter.

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Jombang dr Vidya Buana menjelaskan penyebab bayi meninggal lantaran saat proses persalinan mengalami kemacetan (distosia).

“Saat proses persalinan berlangsung, hanya kepala bayi yang dapat keluar, sedangkan tubuh bayi tidak bisa keluar,” kata Vidya.

Kemacetan proses persalinan tersebut terjadi selama kurang lebih 10 menit.

"Lebih dari 10 menit sehingga kemudian bayinya meninggal dan tidak bisa diselamatkan,” ujar Vidya.

Melihat kondisi tersebut, tim dokter lalu memutuskan untuk lebih memprioritaskan keselamatan ibunya.

“Jika dipaksakan kondisi ibu berisiko buruk bisa terjadi pendarahan dan bisa-bisa keduanya tidak terselamatkan," terangnya.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang mengungkapkan penyebab meninggalnya bayi saat proses persalinan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News