Jelang Kepulangan Jemaah Haji 2022, Begini Persiapan Kemenag Jatim

Jumat, 15 Juli 2022 – 13:10 WIB
Jelang Kepulangan Jemaah Haji 2022, Begini Persiapan Kemenag Jatim - JPNN.com Jatim
Pemeriksaan jemaah haji di Bandara. Foto: Kantor Imigrasi.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur telah melakukan sejumlah persiapan jelang kepulangan jemaah haji pada 17 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

Mereka telah berkoordinasi dengan beberapa pihak, seperti Dinas Kesehatan Jatim, Kemenkumham, Imigrasi, dan Angkasa Pura.

“Jadi, rakor tersebut membahas aspek kedatangan, kesehatan, hingga barang bawaan jemaah haji,” kata Kabid PHU Kemenag Jatim Abdul Harris, Kamis (14/7).

Terkait dengan aspek kesehatan, Harris menjelaskan pihaknya bakal melakukan pemeriksaan secara bertahap dan ketat mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pertama, saat jemaah haji datang di Bandar Udara Internasional Juanda, mereka akan langsung melakukan pengecekan suhu.

"Suhu di atas 37.5 derajat (celsius) akan langsung PCR test. Termasuk yang sudah ada gejalanya. Jadi, berangkatnya PCR, pulangnya juga," ujarnya.

Jika terdapat jemaah haji yang positif Covid-19 dengan gejala ringan, akan dilakukan karantina di dinas kesehatan kabupaten/kota asal masing-masing.

"Kemudian, jika jemaah positif Covid-19 dengan gejala yang lumayan akan dirawat di RS. Jika berat, akan dilakukan perawatan di RS Soetomo," tuturnya.

Berikut persiapan Kemenag Jatim menyambut kepulangan jemaah haji di Embarkasi Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News