Gubernur Khofifah Kunjungi Aeng Tong-Tong, Desa dengan Empu Terbanyak di Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 – 15:33 WIB
Gubernur Khofifah Kunjungi Aeng Tong-Tong, Desa dengan Empu Terbanyak di Dunia - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke Desa Wisata di Sumenep melihat keris berusia ratusan tahun. Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Warisan budaya Indonesia, terutama di Jatim satu per satu makin diakui dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO secara resmi menetapkan keris sebagai salah satu benda pusaka warisan dunia kategori non-bendawi pada tahun 2005.

Kemudian, tahun 2014 Kabupaten Sumenep diakui UNESCO sebagai daerah yang memiliki Empu (pembuat benda pusaka) terbanyak di dunia dan sebagian besar ada di Desa Aeng Tong-Tong.

Gubernur Khofifah berharap agar desa itu terpilih menjadi ADWI terbaik di Indonesia karena keteguhannya menjaga budaya leluhur melalui keterampilan khusus membut keris dari Empu.

Atas kekuatan para Empu penghasil keris itulah Gubernur Jatim Indar Parawansa mengunjungi Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong pada Rabu (22/6). Tempat tersebut menjadi rumah bagi 640 Empu dan kualitas mereka sudah diakui dunia.

Gubernur Khofifah Kunjungi Aeng Tong-Tong, Desa dengan Empu Terbanyak di Dunia

"Kami patut bangga atas pencapaian yang telah dilakukan sehingga keberadaan Desa Aeng Tong-Tong bisa membuat Sumenep diakui UNESCO sebagai daerah dengan penghasil keris dan Empu terbanyak di dunia," kata Khofifah.

Desa wisata tersebut talah masuk proses penilaian pada ajang ADWI tahun 2022 yang digelar Kemenparekraf setelah sebelumnya masuk di 500 besar hingga akhirnya terpilih 50 besar saat ini.

Saat ini tinggal menunggu penentuan sebagai pemenang untuk kategori, di antaranya daya tarik wisata, homestay, toilet, souvenir, kelembagaan, CHSE, serta digital dan konten di mana tahun sebelumnya diambil lima pemenang.

Gubernur Khofifah kagum melihat desa wisata keris di Sumenep dan melihat warisan budaya berupa keris berusia 300 tahun.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News